SUNAN AD-DARIMI KITAB MUKADDIMAH No: 567 Pengembaraan mencari ilmu dan tabah menghadapi kesulitan

Posted by Unknown on Selasa, 25 Juni 2013



أَخْبَرَنَا أَبُو مَعْمَرٍ إِسْمَعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ عَنْ سُفْيَانَ بْنِ عُيَيْنَةَ عَنْ الزُّهْرِيِّ عَنْ أَبِي سَلَمَةَ قَالَ لَوْ رَفَقْتُ بِابْنِ عَبَّاسٍ لَأَصَبْتُ مِنْهُ عِلْمًا كَثِيرًا

Telah mengabarkan kepoada kami Abu Ma'mar Isma'il bin Ibrahim, dari Sufyan bin 'uyainah dari Az Zuhri dari Abu Salamah ia berkata: 'Kalau aku menemani Ibnu Abbas radliallahu 'anhu, niscaya aku mendapatkan ilmu yang banyak".

SUNAN AD-DARIMI  KITAB MUKADDIMAH No: 568

Pengembaraan mencari ilmu dan tabah menghadapi kesulitan

أَخْبَرَنَا بِشْرُ بْنُ الْحَكَمِ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ عَنْ الزُّهْرِيِّ قَالَ كُنْتُ آتِي بَابَ عُرْوَةَ فَأَجْلِسُ بِالْبَابِ وَلَوْ شِئْتُ أَنْ أَدْخُلَ لَدَخَلْتُ وَلَكِنْ إِجْلَالًا لَهُ

Telah mengabarkan kepada kami Bisyr bin Al hakam telah menceritakan kepada kami Abdur Razak telah menceritakan kepada kami Ma'mar dari Az Zuhri ia berkata: "Dahulu aku pernah mendatangi (mengunjungi rumah) pintu 'Urwah lalu aku duduk di depan pintu, kalau waktu itu aku ingin aku bisa saja masuk, tetapi (tidak aku lakukan) karena rasa hormat kepadanya".