SUNAN AD-DARIMI KITAB MUKADDIMAH No: 454 Tidak sependapat dengan penulisan hadis

Posted by Unknown on Senin, 17 Juni 2013


أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ أَحْمَدَ بْنِ أَبِي خَلَفٍ قَالَ سَمِعْتُ عَبْدَ الرَّحْمَنِ بْنَ مَهْدِيٍّ يَقُولُ سَمِعْتُ مَالِكَ بْنَ أَنَسٍ يَقُولُ حَدَّثَنَا الزُّهْرِيُّ بِحَدِيثٍ فَلَقِيتُهُ فِي بَعْضِ الطَّرِيقِ فَأَخَذْتُ بِلِجَامِهِ فَقُلْتُ يَا أَبَا بَكْرٍ أَعِدْ عَلَيَّ الْحَدِيثَ الَّذِي حَدَّثْتَنَا بِهِ قَالَ وَتَسْتَعِيدُ الْحَدِيثَ قَالَ قُلْتُ وَمَا كُنْتَ تَسْتَعِيدُ الْحَدِيثَ قَالَ لَا قُلْتُ وَلَا تَكْتُبُ قَالَ لَا

Telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Ahmad bin Abu Khalaf ia berkata: Aku pernah mendengar Abdur Rahman bin Mahdi ia berkata: Aku mendengar Malik bin Anas ia berkata: " Az Zuhri pernah menceritakan satu hadits kepada kami, lalu aku bertemu dengannya di jalan. Kupegangi tali kekang (tunggangannya), dan aku berkata: 'Wahai Abu Bakar, tolong ulangi lagi kepadaku hadits yang pernah kamu ceritakan kepada kami! ". Ia berkata: 'Kamu memintaku mengulang hadits?! ', (Malik bin Anas) berkata: 'Saya bertanya, 'Apakah bapak tidak pernah meminta mengulangi hadits? ', ia menjawab: 'Tidak', Aku (Malik bin Anas) bertanya: 'Dan tidak pula bapak menulisnya? ', ia menjawabnya: 'Tidak' ".