SUNAN AD DARIMI KITAB KEUTAMAAN AL-QUR’AN No: 3305 Keutamaan Alfalaq dan Annas (mu'awwidzataini)

Posted by Unknown on Rabu, 12 Juni 2013


حَدَّثَنَاأَحْمَدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِحَدَّثَنَا لَيْثٌ عَنْ ابْنِعَجْلَانَ عَنْ سَعِيدِ بْنِأَبِي سَعِيدٍ الْمَقْبُرِيِّ أَنَّعُقْبَةَ بْنَ عَامِرٍ قَالَمَشَيْتُ مَعَ النَّبِيِّ صَلَّىاللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ لِي قُلْيَا عُقْبَةُ فَقُلْتُ أَيَّ شَيْءٍ أَقُولُقَالَ فَسَكَتَ عَنِّي ثُمَّ قَالَيَا عُقْبَةُ قُلْ فَقُلْتُ أَيَّشَيْءٍ أَقُولُ قَالَ قُلْأَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ فَقَرَأْتُهَاحَتَّى جِئْتُ عَلَى آخِرِهَافَقَالَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّىاللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عِنْدَ ذَلِكَ مَاسَأَلَ سَائِلٌ وَلَا اسْتَعَاذَمُسْتَعِيذٌ بِمِثْلِهَا

Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Abdullah telah menceritakan kepada kami Laits dari Ibnu 'Ajlan dari Sa'id bin Abu Sa'id Al Maqburi bahwa Uqbah bin Amir berkata; Aku pernah berjalan bersama Nabi shallallahu 'alaihi wasallam, lalu beliau mengatakan kepadaku: "Bacalah, wahai Uqbah." Aku pun bertanya; Apa yang harus aku baca? Ia berkata; Lalu beliau diam tidak menjawabku. Kemudian beliau bersabda: "Wahai Uqbah, bacalah." Aku bertanya: Apa yang harus aku baca? Beliau menjawab: "(Bacalah) QUL A'UDZU BIRABBIL FALAQ (surat Al Falaq)." Maka aku pun membacanya hingga akhir surat. Lalu, pada saat itu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Tidaklah sama permintaan orang yang meminta dan perlindungan orang yang meminta perlindungan seperti orang yang meminta dan berlindung dengan membacanya (membaca surat Al Falaq)."