SUNAN AD-DARIMI KITAB ZAKAT No: 1601 Seseorang menyedekahkan semua harta

Posted by Unknown on Senin, 27 Mei 2013




أَخْبَرَنَاأَبُو نُعَيْمٍ حَدَّثَنَا هِشَامُ بْنُ سَعْدٍعَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَعَنْ أَبِيهِ قَالَ سَمِعْتُعُمَرَ قَالَ أَمَرَنَا رَسُولُاللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ أَنْ نَتَصَدَّقَ فَوَافَقَذَلِكَ مَالًا عِنْدِي فَقُلْتُالْيَوْمَ أَسْبِقُ أَبَا بَكْرٍ إِنْسَبَقْتُهُ يَوْمًا فَجِئْتُ بِنِصْفِمَالِي فَقَالَ رَسُولُ اللَّهِصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَمَا أَبْقَيْتَ لِأَهْلِكَ قُلْتُ مِثْلَهُ قَالَفَأَتَى أَبُو بَكْرٍ بِكُلِّمَا عِنْدَهُ فَقَالَ يَا أَبَابَكْرٍ مَا أَبْقَيْتَ لِأَهْلِكَفَقَالَ أَبْقَيْتُ لَهُمْ اللَّهَ وَرَسُولَهُفَقُلْتُ لَا أُسَابِقُكَ إِلَىشَيْءٍ أَبَدًا

Telah mengabarkan kepada kami Abu Nu'aim telah menceritakan kepada kami Hisyam bin Sa'd dari Zaid bin Aslam dari Ayahnya ia berkata, aku mendengar Umar berkata, "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintahkan kami agar bersedekah, dan saat itu bertepatan saat aku mempunyai uang. Maka aku pun berkata, "Jika hari ini aku bisa bersegera, maka aku akan dapat mendahului Abu Bakar." Kemudian aku datang dengan membawa setengah hartaku, lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Apakah yang engkau tinggalkan untuk keluargamu?" Aku lantas menjawab, "Harta yang sama seperti itu." Umar berkata, "Abu Bakar kemudian datang dengan membawa seluruh yang ia miliki." Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam lalu bersabda: "Wahai Abu Bakar, apa yang engkau tinggalkan untuk keluargamu?" Ia menjawab, "Aku tinggalkan untuk mereka Allah dan Rasul-Nya." Maka aku katakan, "Selamanya aku tidak akan bisa mendahuluimu dalam beramal apapun."