SUNAN AD-DARIMI KITAB ZAKAT No: 1582 Bersedekah kepada orang mampu atau kaya

Posted by Unknown on Senin, 27 Mei 2013




أَخْبَرَنَامُحَمَّدُ بْنُ يُوسُفَ حَدَّثَنَاإِسْرَائِيلُ حَدَّثَنَا أَبُو الْجُوَيْرِيَةِ الْجَرْمِيُّأَنَّ مَعْنَ بْنَ يَزِيدَحَدَّثَهُ قَالَ بَايَعْتُ رَسُولَاللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ أَنَا وَأَبِي وَجَدِّيوَخَطَبَ عَلَيَّ فَأَنْكَحَنِي وَخَاصَمْتُإِلَيْهِ كَانَ أَبِي يَزِيدُأَخْرَجَ دَنَانِيرَ يَتَصَدَّقُ بِهَا فَوَضَعَهَا عِنْدَرَجُلٍ فِي الْمَسْجِدِ فَجِئْتُفَأَخَذْتُهَا فَأَتَيْتُهُ بِهَا فَقَالَ وَاللَّهِمَا إِيَّاكَ أَرَدْتُ بِهَا فَخَاصَمْتُهُ إِلَىرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ لَكَ مَانَوَيْتَ يَا يَزِيدُ وَلَكَيَا مَعْنُ مَا أَخَذْتَ

Telah mengabarkan kepada kami Muhammad bin Yusuf telah menceritakan kepada kami Israil telah menceritakan kepada kami Abu Al Juwairiyah Al Jurmi bahwa Ma'n bin Yazid telah menceritakan kepadanya, ia berkata, "Aku bersama bapak dan kakekku membaiat Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Ayahku lalu meminang dan menikahkan aku. Dan aku juga mengajukan perkara kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam; ayahku yang bernama Yazid pernah mengeluarkan beberapa dinar untuk bersedekah, kemudian ia meletakkannya pada seorang laki-laki di masjid. Aku lalu datang dan mengambilnya, kemudian aku membawa uang tersebut kepadanya. Maka ia pun berkata, "Demi Allah, bukan engkau yang aku inginkan dengan sedekah itu! " Kemudian aku mengajukan perkara tersebut kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, beliau pun bersabda: "Bagimu apa yang telah engkau niatkan wahai Yazid dan untukmu apa yang telah engkau ambil wahai Ma'n."