SUNAN AD DARIMI KITAB PUASA No:1650 Musafir dirukhsahkan tidak puasa

Posted by Unknown on Kamis, 30 Mei 2013



حَدَّثَنَاأَبُو الْمُغِيرَةِ حَدَّثَنَا الْأَوْزَاعِيُّ عَنْ يَحْيَى عَنْأَبِي قِلَابَةَ عَنْ أَبِي الْمُهَاجِرِعَنْ أَبِي أُمَيَّةَ الضَّمْرِيِّقَالَ قَدِمْتُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَمِنْ سَفَرٍ فَسَلَّمْتُ عَلَيْهِفَلَمَّا ذَهَبْتُ لِأَخْرُجَ قَالَ انْتَظِرْ الْغَدَاءَيَا أَبَا أُمَيَّةَ قَالَفَقُلْتُ إِنِّي صَائِمٌ يَانَبِيَّ اللَّهِ فَقَالَ تَعَالَأُخْبِرْكَ عَنْ الْمُسَافِرِ إِنَّاللَّهَ وَضَعَ عَنْهُ الصِّيَامَوَنِصْفَ الصَّلَاةِ قَالَ أَبُو مُحَمَّدإِنْ شَاءَ صَامَ وَإِنْشَاءَ أَفْطَرَ

Telah menceritakan kepada kami Abu Al Mughirah telah menceritakan kepada kami Al Auza'i dari Yahya dari Abu Qilabah dari Abu Al Muhajir dari Abu Umayyah Adl Dlamri ia berkata, "Aku menghadap Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam saat kembali dari suatu perjalanan, aku lalu memberi salam kepada beliau. Kemudian ketika aku akan keluar, beliau berkata: "Wahai Abu Umayya, tunggulah hingga makan siang." Mu'awiyah berkata, "Lalu aku menjawab, "Wahai Nabi Allah, aku sedang berpuasa." Kemudian beliau bersabda: "Kemarilah, aku kabarkan kepadamu mengenai orang yang bersafar. Sesungguhnya Allah telah menggugurkan darinya puasa dan setengah shalat." Abu Muhammad berkata, "Jika mau ia boleh puasa dan jika mau ia boleh berbuka."