SUNAN AD DARIMI KITAB MINTA IJIN No: 2546 Berapa kali mendoakan orang bersin

Posted by Unknown on Selasa, 28 Mei 2013



أَخْبَرَنَاأَبُو الْوَلِيدِ حَدَّثَنَا عِكْرِمَةُ هُوَ ابْنُ عَمَّارٍقَالَ حَدَّثَنِي إِيَاسُ بْنُ سَلَمَةَقَالَ حَدَّثَنِي أَبِي قَالَ عَطَسَرَجُلٌ عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّىاللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَرْحَمُكَ اللَّهُثُمَّ عَطَسَ أُخْرَى فَقَالَالرَّجُلُ مَزْكُومٌ

Telah menceritakan kepada kami Al Hakam bin Al Mubarak telah mengabarkan kepada kami Al Walid bin Muslim dari Abdurrahman bin Yazid bin Jabir ia berkata; telah mengabarkan kepadaku Zuraiq bin Hayyan mantan budak banu Fazarah, bahwa ia mendengar Muslim bin Qarazhah Al Asyja'i ia berkata; aku mendengar 'Auf bin Malik Al Asyja'i berkata; Aku pernah mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sebaik-baik pemimpin kalian adalah orang yang kalian cintai dan mereka pun mencintai kalian, kalian mendoakan mereka dan mereka pun mendoakan kalian. Dan seburuk-buruk pemimpin kalian adalah orang yang kalian benci dan mereka pun membenci kalian, kalian melaknat mereka dan mereka pun melaknat kalian." Kami bertanya; Bolehkah kami memerangi mereka, wahai Rasulullah? Beliau menjawab: "Tidak, selama mereka masih mendirikan shalat di antara kalian. Ingatlah, barangsiapa yang mengangkat seseorang sebagai pemimpin lalu ia melihatnya melakukan kemaksiatan kepada Allah maka hendaklah ia membenci apa yang ia lakukan dari kemasiatan kepada Allah tersebut dan janganlah ia menarik dukungan ketaatan kepadanya." Ibnu Jabir berkata; Aku berkata; Demi Allah, wahai Abu Al Miqdam, apakah engkau mendengar hadits ini dari Muslim bin Qarazhah? Ia pun menghadap kiblat dan bersila lalu ia berkata; Demi Allah, aku mendengar hadits ini dari Muslim bin Qarazhah ia berkata; Aku mendengar pamanku 'Auf bin Malik berkata; Aku mendengar Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam mengatakannya.