SUNAN AD DARIMI KITAB JUAL-BELI No: 2481 Rukhsah menyalatkan

Posted by Unknown on Rabu, 29 Mei 2013



أَخْبَرَنَاعُبَيْدُ اللَّهِ بْنُ مُوسَىعَنْ سُفْيَانَ عَنْ أَبِي الزِّنَادِعَنْ الْأَعْرَجِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَقَالَ قَالَ رَسُولُ اللَّهِصَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَوَالَّذِي نَفْسِي بِيَدِهِ مَاعَلَى الْأَرْضِ مُؤْمِنٌ إِلَّا أَنَا أَوْلَىالنَّاسِ بِهِ فَمَنْ تَرَكَدَيْنًا أَوْ ضَيَاعًا فَلْأُدْعَلَهُ فَأَنَا مَوْلَاهُ وَمَنْتَرَكَ مَالًا فَلِعَصَبَتِهِ مَنْكَانَ قَالَ عَبْد اللَّهِضَيَاعًا يَعْنِي عِيَالًا وَقَالَفَلْأُدْعَ لَهُ يَعْنِي ادْعُونِيلَهُ أَقْضِ عَنْهُ

Telah mengabarkan kepada kami 'Ubaidullah bin Musa dari Sufyan dari Abu Az Zinad dari Al A'raj dari Abu Hurairah, ia berkata; Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Demi Dzat yang jiwaku ada di tanganNya, tidak ada seorang mukmin yang berada diatas bumi, kecuali aku orang yang paling berhak terhadap dirinya. Barangsiapa meninggalkan hutang atau keluarga yang membutuhkan, maka hendaknya aku diundang untuknya, aku adalah walinya, yaitu undanglah aku, maka aku akan membayarkan untuknya."