Shahih Sunan Abu Daud Kitab TALAK 7. Thalak sebelum Nikah

Posted by Unknown on Sabtu, 11 Mei 2013




عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ لَا طَلَاقَ إِلَّا فِيمَا تَمْلِكُ وَلَا عِتْقَ إِلَّا فِيمَا تَمْلِكُ وَلَا بَيْعَ إِلَّا فِيمَا تَمْلِكُ زَادَ ابْنُ الصَّبَّاحِ وَلَا وَفَاءَ نَذْرٍ إِلَّا فِيمَا تَمْلِكُ

2190. Dari Abdullah bin Amru bin Ash: Rasulullah SAW bersabda, "Tidak ada thalak kecuali atas sesuatu yang kamu miliki, tidak ada hak memerdekakan kecuali atas sesuatu yang kamu miliki, dan tidak ada jual beli kecuali atas sesuatu yang kamu miliki. "

Dalam riwayat Ibnu Shobah disebutkan, "Dan tidak ada pemenuhan nadzar kecuali atas sesuatu yang kamu miliki. " (Hasan)



عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ بِإِسْنَادِهِ وَمَعْنَاهُ زَادَ مَنْ حَلَفَ عَلَى مَعْصِيَةٍ فَلَا يَمِينَ لَهُ وَمَنْ حَلَفَ عَلَى قَطِيعَةِ رَحِمٍ فَلَا يَمِينَ لَهُ

2191. Dari Ibnu Amru, dari Rasulullah SAW (seperti hadits tadi). Dalam satu riwayat ditambahkan, "Barangsiapa bersumpah atas perbuatan maksiat, maka sama sekali tidak dianggap. Barangsiapa bersumpah untuk memutuskan hubungan kerabat, maka sama sekali tidak dianggap." {Hasan)

زَادَ وَلَا نَذْرَ إِلَّا فِيمَا ابْتُغِيَ بِهِ وَجْهُ اللَّهِ تَعَالَى

2192. Dari Ibnu Amru, dari Rasulullah SAW (seperti hadits tadi) Dalam riwayat lain ditambahkan, "Dan tidak ada nadzar kecuali sesuatu yang dinadzari itu karena Allah. " (Hasan)