Shahih Sunan Abu Daud Kitab PAKAIAN 20. Pakaian Warna Merah

Posted by Unknown on Kamis, 16 Mei 2013




عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ قَالَ هَبَطْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ ثَنِيَّةٍ فَالْتَفَتَ إِلَيَّ وَعَلَيَّ رَيْطَةٌ مُضَرَّجَةٌ بِالْعُصْفُرِ فَقَالَ مَا هَذِهِ الرَّيْطَةُ عَلَيْكَ فَعَرَفْتُ مَا كَرِهَ فَأَتَيْتُ أَهْلِي وَهُمْ يَسْجُرُونَ تَنُّورًا لَهُمْ فَقَذَفْتُهَا فِيهِ ثُمَّ أَتَيْتُهُ مِنْ الْغَدِ فَقَالَ يَا عَبْدَ اللَّهِ مَا فَعَلَتْ الرَّيْطَةُ فَأَخْبَرْتُهُ فَقَالَ أَلَا كَسَوْتَهَا بَعْضَ أَهْلِكَ فَإِنَّهُ لَا بَأْسَ بِهِ لِلنِّسَاءِ

4066. Dari Abdullah bin Amru bin Al Ash, dia berkata: Kami beristirahat dengan Rasulullah SAW di sebuah bukit kecil, lalu beliau memandangku saat itu memakai pakaian dengan motif burung-burung kecil. Rasulullah lalu bertanya, "Pakaian apa yang kamu pakai ini?" Aku pun tahu penyebab ketidak sukaan beliau terhadap bajuku, maka aku pulang ke rumah dan ketika aku melihat mereka (keluarga) sedang menyalakan tungku, aku langsung melemparkan bajuku ke dalam api. Keesokan harinya, aku menghadap Rasulullah. Beliau lalu berkata, "Wahai Abdullah, apa yang terjadi dengan pakaian itu?" Aku pun memberitahu perbuatanku terhadap bajuku itu. Beliau bersabda, "Tidakkah kamu berikan pakaian tersebut kepada sebagian keluargamu, karena kain seperti itu boleh dipakai perempuan?" (Hasan)

قَالَ هِشَامٌ يَعْنِي ابْنَ الْغَازِ الْمُضَرَّجَةُ الَّتِي لَيْسَتْ بِمُشَبَّعَةٍ وَلَا الْمُوَرَّدَةُ

4067. Dari Hisyam —Maksudnya Ibnu Al Ghaz— dia berkata: Al Mudharrajah artinya pakaian yang diwarnai bukan dengan getah atau sari bunga. {Shahih Maqthu')