Shahih Sunan Abu Daud Kitab PAKAIAN 14. Memakai Sutra bagi Perempuan

Posted by Unknown on Kamis, 16 Mei 2013




عَلِيَّ بْنَ أَبِي طَالِبٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ إِنَّ نَبِيَّ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَخَذَ حَرِيرًا فَجَعَلَهُ فِي يَمِينِهِ وَأَخَذَ ذَهَبًا فَجَعَلَهُ فِي شِمَالِهِ ثُمَّ قَالَ إِنَّ هَذَيْنِ حَرَامٌ عَلَى ذُكُورِ أُمَّتِي

4057. Dari Ali bin Abu Thalib, dia berkata: Rasulullah SAW telah mengambil sutra dan meletakannya di sebelah kanannya. Beliau juga mengambil emas dan diletakan di sebelah kirinya. Beliau kemudian bersabda, "Sesungguhnya dua barang ini (emas dan sutra) diharamkan bagi kaum lelaki dari umatku. " {Shahih)

عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ أَنَّهُ حَدَّثَهُ أَنَّهُ رَأَى عَلَى أُمِّ كُلْثُومٍ بِنْتِ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بُرْدًا سِيَرَاءَ قَالَ وَالسِّيَرَاءُ الْمُضَلَّعُ بِالْقَزِّ

4058. Dari Anas bin Malik: Ia meriwatkan hadits yang menyatakan bahwa ia pernah melihat Ummu Kultsum binti Rasulullah SAW memakai kain tenun sutra." Dia berkata: As-Siyara' adalah kain yang ditenun dari sutra. {Shahih: Bukhari)

عَنْ جَابِرٍ قَالَ كُنَّا نَنْزِعُهُ عَنْ الْغِلْمَانِ وَنَتْرُكُهُ عَلَى الْجَوَارِي

4059. Dari Jabir, dia berkata: Kami melarang pemakaian sutra oleh anak laki-laki, tetapi kami membolehkan pemakaian sutra oleh anak-anak perempuan." {Shahih: Bukhari)