Shahih Sunan Abu Daud Kitab HUDUD 14. Pencuri Barang dari Brangkas (Tempat Terjaga)

Posted by Unknown on Jumat, 10 Mei 2013




عَنْ صَفْوَانَ بْنِ أُمَيَّةَ قَالَ كُنْتُ نَائِمًا فِي الْمَسْجِدِ عَلَيَّ خَمِيصَةٌ لِي ثَمَنُ ثَلَاثِينَ دِرْهَمًا فَجَاءَ رَجُلٌ فَاخْتَلَسَهَا مِنِّي فَأُخِذَ الرَّجُلُ فَأُتِيَ بِهِ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَأَمَرَ بِهِ لِيُقْطَعَ قَالَ فَأَتَيْتُهُ فَقُلْتُ أَتَقْطَعُهُ مِنْ أَجْلِ ثَلَاثِينَ دِرْهَمًا أَنَا أَبِيعُهُ وَأُنْسِئُهُ ثَمَنَهَا قَالَ فَهَلَّا كَانَ هَذَا قَبْلَ أَنْ تَأْتِيَنِي بِهِ

4394. Dari Shafwan bin Umayyah, ia berkata, "Aku pernah tertidur di mesjid dan berselimut baju wol seharga tiga puluh enam dirham. Lalu datang seorang lelaki yang kemudian mencurinya dariku. Lelaki itu pun tertangkap. Ia kemudian dihadapkan kepada Rasulullah SAW. Beliau lantas memerintahkan untuk memotong tangannya. Aku mendatangi beliau dan berkata kepadanya, "Apakah engkau akan memotong tangannya hanya karena tiga puluh dirham, sedangkan aku bisa saja menjualnya (kepada pencuri itu) dan menangguhkan pembayarannya?" Rasulullah SAW berkata, "Lalu mengapa kamu tidak menjualnya daripada kamu membawanya kepadaku sebagai pencuri?" Shahih.

عَنْ جُعَيْدِ بْنِ حُجَيْرٍ قَالَ نَامَ صَفْوَانُ

Dalam riwayat lain disebutkan dengan redaksi: "Shafwan telah tertidur..."

أَنَّهُ كَانَ نَائِمًا فَجَاءَ سَارِقٌ فَسَرَقَ خَمِيصَةً مِنْ تَحْتِ رَأْسِهِ

Dan dalam riwayat lain disebutkan, "Bahwa Shafwan pernah tertidur, lalu datanglah seorang pencuri mencuri baju wolnya dari bawah kepalanya.."

قَالَ فَاسْتَلَّهُ مِنْ تَحْتِ رَأْسِهِ فَاسْتَيْقَظَ فَصَاحَ بِهِ فَأُخِذَ

Dalam riwayat lain, "Shafwan berkata, 'Maka pencuri itu mengambilnya dari bawah kepalaku'." Lalu Shafwan terjaga dan berteriak hingga pencuri itu akhimya tertangkap.

قَالَ فَنَامَ فِي الْمَسْجِدِ وَتَوَسَّدَ رِدَاءَهُ فَجَاءَ سَارِقٌ فَأَخَذَ رِدَاءَهُ فَأُخِذَ السَّارِقُ فَجِيءَ بِهِ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ

Dalam riwayat lain juga disebutkan, "Maka Shafwan tidur di dalam mesjid dan berbantalkan pakaiannya, lalu datang seorang pencuri mengambilnya, dan pencuri itu tertangkap hingga dihadapkan kepada Nabi SAW."