Shahih Sunan Abu Daud Kitab ADAB 92. Senda Gurau

Posted by Unknown on Kamis, 09 Mei 2013



عَنْ أَنَسٍ أَنَّ رَجُلًا أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ احْمِلْنِي قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّا حَامِلُوكَ عَلَى وَلَدِ نَاقَةٍ قَالَ وَمَا أَصْنَعُ بِوَلَدِ النَّاقَةِ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهَلْ تَلِدُ الْإِبِلَ إِلَّا النُّوقُ

4998. Dari Anas, bahwa seorang lelaki datang kepada Nabi SAW dan berkata, "Wahai Rasulullah, bawalah aku!' Nabi berkata, "Kami akan membawamu di atas anak unta. " Lelaki itu berkata, "Apa yang dapat kuperbuat dengan anak unta?" Nabi menjawab, "Bukankah unta besar dilahirkan oleh anak unta (yang sudah besar) ?" Shahih: At-Tirmidzi (2076)

عَنْ عَوْفِ بْنِ مَالِكٍ الْأَشْجَعِيِّ قَالَ أَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ وَهُوَ فِي قُبَّةٍ مِنْ أَدَمٍ فَسَلَّمْتُ فَرَدَّ وَقَالَ ادْخُلْ فَقُلْتُ أَكُلِّي يَا رَسُولَ اللَّهِ قَالَ كُلُّكَ فَدَخَلْتُ

5000. Dari 'Auf bin Malik Al Asyja'i, ia berkata, "Aku datang kepada Rasulullah SAW saat terjadinya perang Tabuk —saat beliau berada di dalam kubah/tenda dari kulit—. Aku mengucapkan salam, beliau menjawabnya dan berkata, 'Masuklah.' Aku bertanya, 'Semuanya untukku, wahai Rasulullah?' Beliau menjawab, 'Semua untukmu.' Aku pun masuk." Shahih: Ibnu Majah: Bukhari, tanpa kisah masuk.

عَنْ أَنَسٍ قَالَ قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَا ذَا الْأُذُنَيْنِ

5002. Dari Anas, Rasulullah SAW berkata padaku, "Wahai yang mempunyai dua telinga." Shahih: At-Tirmidzi (2077)