Shahih Sunan Abu Daud Kitab ADAB 167. Seseorang yang Memanggil Orang Lain Lalu Menjawab, "Aku Datang Memenuhi Panggilanmu."

Posted by Unknown on Jumat, 10 Mei 2013




أَنَّ أَبَا عَبْدِ الرَّحْمَنِ الْفِهْرِيَّ قَالَ شَهِدْتُ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حُنَيْنًا فَسِرْنَا فِي يَوْمٍ قَائِظٍ شَدِيدِ الْحَرِّ فَنَزَلْنَا تَحْتَ ظِلِّ الشَّجَرَةِ فَلَمَّا زَالَتْ الشَّمْسُ لَبِسْتُ لَأْمَتِي وَرَكِبْتُ فَرَسِي فَأَتَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهُوَ فِي فُسْطَاطِهِ فَقُلْتُ السَّلَامُ عَلَيْكَ يَا رَسُولَ اللَّهِ وَرَحْمَةُ اللَّهِ وَبَرَكَاتُهُ قَدْ حَانَ الرَّوَاحُ قَالَ أَجَلْ ثُمَّ قَالَ يَا بِلَالُ قُمْ فَثَارَ مِنْ تَحْتِ سَمُرَةٍ كَأَنَّ ظِلَّهُ ظِلُّ طَائِرٍ فَقَالَ لَبَّيْكَ وَسَعْدَيْكَ وَأَنَا فِدَاؤُكَ فَقَالَ أَسْرِجْ لِي الْفَرَسَ فَأَخْرَجَ سَرْجًا دَفَّتَاهُ مِنْ لِيفٍ لَيْسَ فِيهِ أَشَرٌ وَلَا بَطَرٌ فَرَكِبَ وَرَكِبْنَا وَسَاقَ الْحَدِيثَ

5233. Dari Abu Abdurahman Al Fihri, ia berkata, "Aku pernah bersama Rasulullah SAW pada saat perang Hunain, dan kami melewati satu hari yang sangat panas, lalu kami berhenti berteduh di bawah pohon, tatkala terik matahari telah lenyap, aku mengauli budakku kemudian mengendarai kudaku, kemudian aku mendatangi Rasulullah SAW yang ketika itu sedang berada di dalam tendanya, lalu aku mengucapkan, "Salam sejahtera dan rahmat Allah serta keberkahan-Nya atas engkau wahai Rasulullah, sesungguhnya telah tiba saatnya untuk berangkat." Beliau menjawab, "Baiklah." Kemudian beliau bersabda, "Wahai Bilal, bangunlah." Lalu ia bangkit dari tempat berteduhnya, seakan-akan bayangnnya itu seperti bayangan burung, kemudian ia menjawab, "Aku datang memenuhi panggilanmu dan demi kebahagianmu dan diriku sebagai tebusanmu." Kemudian beliau bersabda, "Pasanglah pelana kudaku." Lalu Bilal mengeluarkan pelana yang dibuat dari tumpukan rerumputan yang tidak ada bekas tapal kuda, lalu beliau berangkat menaikinya dan kami mengikutinya. Kemudian menyebutkan hadits selanjutnya. Hasan.