Shahih Sunan Abu Daud Kitab ADAB 161. Mencium Kaki

Posted by Unknown on Jumat, 10 Mei 2013




أُمُّ أَبَانَ بِنْتُ الْوَازِعِ بْنِ زَارِعٍ عَنْ جِدِّهَا زَارِعٍ وَكَانَ فِي وَفْدِ عَبْدِ الْقَيْسِ قَالَ لَمَّا قَدِمْنَا الْمَدِينَةَ فَجَعَلْنَا نَتَبَادَرُ مِنْ رَوَاحِلِنَا فَنُقَبِّلُ يَدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَرِجْلَهُ قَالَ وَانْتَظَرَ الْمُنْذِرُ الْأَشَجُّ حَتَّى أَتَى عَيْبَتَهُ فَلَبِسَ ثَوْبَيْهِ ثُمَّ أَتَى النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَ لَهُ إِنَّ فِيكَ خَلَّتَيْنِ يُحِبُّهُمَا اللَّهُ الْحِلْمُ وَالْأَنَاةُ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَنَا أَتَخَلَّقُ بِهِمَا أَمْ اللَّهُ جَبَلَنِي عَلَيْهِمَا قَالَ بَلْ اللَّهُ جَبَلَكَ عَلَيْهِمَا قَالَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِي جَبَلَنِي عَلَى خَلَّتَيْنِ يُحِبُّهُمَا اللَّهُ وَرَسُولُهُ

5225. Dari Zara' (salah seorang anggota utusan Abdul Qais), ia berkata, "Ketika kami sampai di (perbatasan) Madinah, kami saling berlomba dengan kendaraan kami, lalu kami mencium tangan dan kaki Nabi SAW. Hasan: tanpa menyebutkan "kedua kakinya", Al Misykah (4688) edisi kedua.

Ia berkata, "Kemudian Al Mundzir Al Asyaj (yang terluka di kepalanya) menunggu hingga ia mendatangi tas pakaiannya, lalu ia memakai pakaiannya, kemudian mendatangi Rasulullah SAW, maka beliau bersabda kepadanya, "Sesungguhnya di dalam dirimu terdapat dua tabiat yang dicintai oleh Allah SWT; yaitu santun dan sabar. " Ia bertanya, "Wahai Rasulullah, aku yang berakhlak dengan keduanya atau memang Allah yang telah menciptakanku dengan keduanya? Beliau menjawab, "Melainkan Allah-lah yang menciptakanmu dengan keduanya." Ia berkata, "Segala puji bagi Allah yang telah menciptakanku dengan kedua tabiat yang dicintai oleh Allah dan Rasul-Nya." Shahih: Ibnu Majah (4188): Muslim dari Ibnu Abbas.