Shahih Bukhari -Imam Bukhari- Kitab Azan Bab 97: Membaca Al-Qur'an pada Waktu Shalat Maghrib

Posted by Unknown on Selasa, 16 April 2013


413. Ibnu Abbas رضي الله عنه mengatakan bahwa Ummu Fadhl mendengar saat ia membaca, "Walmursalaati 'Urfaa." Lalu, Ummu Fadhl berkata kepadanya, "Wahai anakku, demi Allah, dengan bacaanmu akan surah ini engkau telah mengingatkan aku. Karena, surah ini adalah surah yang terakhir saya dengar dari Rasulullah yang beliau baca pada waktu shalat magrib." (Dan dalam satu riwayat: "Kemudian sesudah itu beliau tidak shalat dengan kami lagi sehingga Allah mewafatkan beliau." 5/137)

414. Dari Urwah bin Zubair dari Marwan bin al-Hakam[43] bahwa ia berkata, "Zaid bin Tsabit berkata kepadaku, 'Mengapa engkau membaca surah-surah pendek dalam shalat magrib, padahal saya mendengar Rasulullah membaca dua surah yang panjang?'"

[43] Marwan ibnul-Hakam ini sudah populer menjadi pembicaraan para ahli hadits. Tetapi, ath-Thahawi telah meriwayatkan hadits ini dalam Syarhul Ma'ani (1/124) dari Urwah dengan perkataan yang jelas menggunakan perkataan ikhbar 'pemberitahuan' antara dia dengan Zaid. Dengan demikian, Marwan tidak sendirian di dalam meriwayatkannya. Al-Hafizh berkata, "Maka, Urwah mendengarnya dari Marwan dari Zaid, lalu dia menemui Zaid, dan diberi tahu olehnya."