Shahih Bukhari -Imam Bukhari- Kitab Azan Bab 90: Menatapkan Mata Kepada Imam di Dalam Shalat

Posted by Unknown on Selasa, 16 April 2013


Aisyah رضي الله عنها mengatakan bahwa Nabi صلی الله عليه وسلم bersabda di waktu selesai mengerjakan shalat gerhana matahari, "Aku melihat neraka dan salah satu sisinya menghancurkan sisi lainnya. (Hal itu terjadi) ketika kalian melihatku mundur (ketika shalat)."[41]
406. Abu Ma'mar رضي الله عنه berkata, "Kami berkata kepada Khabbab, 'Apakah Rasulullah membaca pada shalat zhuhur dan ashar?' Ia menjawab, 'Ya.' Kami bertanya, 'Dengan apakah kamu dapat mengetahui hal itu?' Ia menjawab, 'Dengan gerak jenggot beliau.'"

407. Anas bin Malik رضي الله عنه berkata, "Nabi pada suatu hari shalat bersama-sama dengan kami. Kemudian beliau naik ke mimbar dan menunjuk dengan tangannya ke arah kiblat masjid. Kemudian beliau bersabda, 'Sekarang saya sungguh-sungguh telah melihat (dalam satu riwayat: diperlihatkan kepadaku) surga dan neraka. Yaitu, sejak saya shalat tadi bersama-sama dengan kamu sekalian. Kedua-duanya bagaikan tergambar dalam penglihatanku di dinding arah kiblat itu. Belum pernah saya menyaksikan kebahagiaan dan kesengsaraan seperti yang kusaksikan hari ini.'" (Ucapan beliau itu diulanginya sampai tiga kali)

[41] Ini adalah bagian dari hadits Aisyah yang akan disebutkan secara maushul dalam "16 -AL-KUSUF/4 - BAB".