Riyadhus Shalihin -Imam An-Nawawi- Bab 104: Makan Dari Apa-apa Yang Ada Di Dekatnya, Menasihati Serta Mengajarkannya Budi Pekerti Pada Seseorang Yang Buruk Ketika Makan

Posted by Unknown on Jumat, 19 April 2013


Nomor: 736

Dari Umar bin Abu Salamah radhiallahu 'anhuma, katanya: "Saya - pada ketika itu - adalah seorang anak yang ada di bawah pengawasan Rasulullah صلی الله عليه وسلم tanganku berputar-putar ke sekitar piring - kalau makan. Lalu Rasulullah صلی الله عليه وسلم bersabda kepadaku: "Hai anak, ucapkanlah Bismillah, makanlah dengan tangan kananmu dan makanlah dari apa- apa yang dekat denganmu." (Muttafaq 'alaih)

Nomor: 737

Dari Salamah bin al-Akwa' رضي الله عنه bahwasanya ada seorang lelaki makan di sisi Rasulullah صلی الله عليه وسلم dengan tangan kirinya, lalu beliau صلی الله عليه وسلم bersabda: "Makanlah dengan tangan kananmu." Orang itu menjawab: "Saya tidak dapat - makan dengan tangan kanan." Beliau lalu bersabda: "Engkau tidak dapat?" Tidak ada yang menyebabkan ia berbuat sedemikian itu kecuali karena kesombongannya. Maka ia tidak dapat mengangkatkan tangan kanannya ke mulut - untuk selama-lamanya sejak saat itu. (Riwayat Muslim)