HADIST QUDSI NO 33. Hadits Gua (#1)

Posted by Unknown on Jumat, 26 April 2013




TERDAPAT DALAM Kitab Nomor 3478

SANAD: Sa'ad bin Malik bin Sinan bin 'Ubaid - Uqbah bin 'Abdul Ghafir - Qatadah bin Da'amah bin Qatadah - Wadldloh bin 'Abdullah - maula Yazid bin 'Atha' - Hisyam bin 'Abdul Mallik

حَدَّثَنَاأَبُو الوَلِيدِ، حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ، عَنْقَتَادَةَ، عَنْ عُقْبَةَ بْنِعَبْدِ الغَافِرِ، عَنْ أَبِي سَعِيدٍرَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ، عَنِالنَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ: أَنَّ رَجُلًا كَانَقَبْلَكُمْ، رَغَسَهُ اللَّهُ مَالًا، فَقَالَلِبَنِيهِ لَمَّا حُضِرَ: أَيَّأَبٍ كُنْتُ لَكُمْ؟ قَالُوا: خَيْرَ أَبٍ، قَالَ: فَإِنِّيلَمْ أَعْمَلْ خَيْرًا قَطُّ، فَإِذَامُتُّ فَأَحْرِقُونِي، ثُمَّ اسْحَقُونِي، ثُمَّذَرُّونِي فِي يَوْمٍ عَاصِفٍ،فَفَعَلُوا، فَجَمَعَهُ اللَّهُ عَزَّ وَجَلَّ،فَقَالَ: مَا حَمَلَكَ؟ قَالَ: مَخَافَتُكَ، فَتَلَقَّاهُ بِرَحْمَتِهِوَقَالَ مُعَاذٌ: حَدَّثَنَاشُعْبَةُ، عَنْ قَتَادَةَ، سَمِعْتُعُقْبَةَ بْنَ عَبْدِ الغَافِرِ،سَمِعْتُ أَبَا سَعِيدٍ الخُدْرِيَّ،عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِوَسَلَّمَ

Telah bercerita kepada kami Abu Al Walid telah bercerita kepada kami Abu ‘Awanah dari Qatadah dari ‘Uqbah bin ‘Abdul Ghafir dari Abu Sa’id radliallahu ‘anhu dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam: “Ada seorang laki-laki dari umat sebelum kalian yang Allah berikan anugerah harta yang banyak. Orang itu berkata (kepada keluarganya) ketika menjelang kematiannya; “Ayah macam apakah aku ini di hadapan kalian?”. Mereka menjawab; “Ayah yang baik”. Orang itu berkata lagi; “Aku belum pernah beramal kebaikan sedikitpun. Untuk itu bila aku mati, bakarlah jasadku kemudian kumpulkan debu jasadku lalu buanglah pada hari datangnya angin kencang”. Kemudian keluarganya melaksanakan apa yang dipesankannya. (Nanti pada hari qiyamat) Allah ‘azza wajalla mengumpulkan debu jasadnya itu seraya berfirman: “Apa yang membuatmu menyuruh melakukan itu?”. Orang itu menjawab; “Karena aku takut kepada-Mu”. Akhirnya orang itu berjumpa dengan Allah Ta’ala dengan mendapatkan rahmat dari-Nya”. Dan Mu’adz berkata, telah bercerita kepada kami Syubah dari Qatadah aku mendengar ‘Uqbah bin ‘Abdul Ghafir, aku mendengar Abu Sa’id Al Khudriy dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam.